Berbagi Info resep mengobati sakit secara herbal tradisional

Tips Cara Cepat Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil




Anemia pada ibu hamil merupakan suatu kondisi di mana jumlah hemoglobin dalam darah berada di bawah tingkat normal bahkan pada posisu rendah. Secara sederhana, anemia juga merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan darah atau zat besi. Selain itu, bentuk lain dari anemia dapat disebabkan oleh kurangnya vitamin B12 atau asam folat dalam tubuh. Kondisi ini semakin tambah berat jika di alami oleh ibu hamil. Kenapa demikian? Karena sejatinya ibu hamil butuh energi yang besar untuk ibu dan juga janinnya yang sangat dipengaruhi oleh asuoan gizi yang cukup untuk memenuhi kuota sel darah merah pada tubuh ke posisi normal. Oleh karena itu artikel kali ini saya ingin berbagi tips cara cepat mengatasi anemia pada ibu hamil.

Jika dilihat dari ragam dan coraknya maka akan ada beberapa jenis anemia dan masing-masing mempunyai gejala dan penyebab yang berbeda-beda.

  1. Gejala utama anemia adalah kelelahan dan kurangnya energi.
  2. Gejala lainnya bisa mencakup sesak nafas, kulit pucat dan kuku yang kering, untuk itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat selama masa kehamilan.
Namun, dalam beberapa kasus tidak ditemukan ada gejala atau perubahan sama sekali pada penderita anemia. Anemia terjadi ketika tidak ada zat besi yang cukup dalam tubuh. Zat besi ini digunakan oleh tubuh untuk membuat hemoglobin yang nantinya akan menyimpan dan membawa oksigen dalam sel darah merah. Jika terjadi kekurangan zat besi dalam darah, maka organ dan jaringan dalam tubuh tidak akan mendapatkan oksigen yang cukup.

Ada banyak kondisi yang dapat mengakibatkan kekurangan zat besi atau anemia. Pada wanita usia produktif, penyebab paling umum dari anemia adalah kehamilan karena tubuh akan membutuhkan tambahan zat besi untuk bayi saat masa kehamilan tersebut. Lebih-lebih pada ibu hamil harus dapat menemukan formulasi yang tepat untuk mengatasi anemia tersebut, ini penting untuk kesehatan ibu dan calon bayinya nanti.

Ada beberapa tips cara cepat mengatasi anemia pada ibu hamil:

  1. Pengobatan untuk anemia pada ibu hamil bisa dilakukan dengan asupan suplemen zat besi yang teratur untuk meningkatkan kadar zat besi yang rendah dalam tubuh. Metode ini terbilang efektif dan pada umumnya tidak akan menyebabkan komplikasi pada ibu hamil.
  2. Selain itu, dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besi seperti sayuran berdaun hijau gelap seperti selada air, kacang-kacangan, daging dan buah yang dikeringkan.
  3. Selain asupan suplemen yang mengandung zat besi untuk pengobatan anemia pada ibu hamil juga perlu diimbangi dengan asupan protein dan vitamin c. Karena ketiga jenis nutrisi ini saling mengisi, zat besi tidak bisa terbentuk menjadi hemogloblin (Hb), begitupun jika meminum asupan suplemen zat besi tanpa diimbangi dengan asupan vitamin c yang cukup, zat besi yang masuk tidak akan terserap oleh tubuh dengan baik.
  4. Setelah semua asupan sudah benar hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah tidur yang cukup, tidur yang teratur akan berpengaruh terhadap fungsi tubuh dalam pembentukan sel darah yang berguna untuk mengatasi anemia.
  5. Untuk tindak pencegahan, hindari meminum minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh yang akan menghambat penyerapan zat besi oleh tubuh. Sebagai gantinya, Anda bisa mengkonsumsi produk susu dengan kalsium tinggi yang akan membantu mengurangi resiko terserang anemia.
Nah..itulah tips cara cepat mengatasi anemia pada ibu hamil, semoga bermanfaat dan menstimulasi ibu-ibu hamil agar mampu menjaga kesehatan dengan baik, menjaga keseimbangan asupan nutrisi yang tepat untuk ibu hamil, mudah-mudahan dengan itu semua anemia dapat teratasi dengan paripurna. Terima kasih. Salam sehat selalu buat Anda semua... (ABR)

Tag : ANEMIA
0 Komentar untuk "Tips Cara Cepat Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil"

Back To Top