Berbagi Info resep mengobati sakit secara herbal tradisional

Penyebab Gejala Anemia Berat dan Cara Menyembuhkannya




Selintas tentang penyakit anemia.
Kalau kita mendengar kata anemia lebih sering dihubungkan dengan ibu hamil ataupun ibu menyusui. Hal tersebut memang masuk diakal karena seorang ibu yang sedang hamil (bumil)harus mensuplai kebutuhan nutrisi untuk sang ibu sendiri dan bagi janin dalam kandungannya. Begitu juga dengan ibu menyusui setelah kehilangan banyak darah saat melahirkan harus berbagi kebutuhan zat besi dengan anaknya. Dalam kenyatannya anemia bisa menimpa siapa saja tidak mengenal usia dan jenis kelamin semua bisa mengalaminya.

Anemia atau masyarakat umum biasa menyebutnya penyakit kurang darah adalah suatu penyakit dimana jumlah sel darah merah / hemoglobin dibawah standar yang seharusnya. Untuk laki-laki standarnya antara 13-16 sedangkan perempuan 12-14, dikatakan anemia apabila kurang dari standar  tersebut. Hemoglobin bertugas mengangkut oksigen dari paru paru ke seluruh tubuh, apabila terjadi hemoglobin rendah metabolisme juga terganggu dan energi untuk aktivitas tidak maksimal alias lemes.

Penyebab Anemia Berat
Secara umum yang terjadi di masyarakat penyebab anemia berat adalah kekurangan zat besi atau biasa dikenal dengan istilah defisiensi zat besi yang merupakan faktor dominan. Tetapi disamping itu masih banyak faktor lain yang dapat dirinci sebagai berikut :

1.Siklus menstruasi yang tidak teratur apalagi lebih lama dari waktu normal menyebabkan darah yang keluar lebih banyak akibatnya wanita tersebut merasa lemas tidak bergairah dan secara fsikologis menjadi sensitif mudah tersinggung. Keadaan tersebut diperparah dengan keengganan wanita HAMIL tersebut mengkonsumsi sayuran hijau daun dan buah buahan.

2. Mengalami luka/ pendarahan. Seseorang yang mengalami luka serius apakah itu karena kecelakaan kerja, kecelakaan lalulintas yang menyebabkan banyak keluar darah otomatis akan mengalami anemia. Begitupula dengan ibu yang melahirkan sekian persen darahnya keluar saat melahirkan dan harus cepat dipulihkan dengan cara minum suplemen penambah darah yang biasanya berbahan kimia.

3. Kekurangan vitamin B complex dan B 12. Vitamin ini bersama zat besi berperan dalam pembentukkan sel darah merah yang baru. Kekurangan kedua vitamin ini akan menghambat proses pemulihan pembentukan sel darah merah

4.Kekurangan asam folat

5. Faktor keturunan atau genetik. Seseorang yang keluarganya memiliki riwayat terkena anemia akan memiliki resiko lebih besar dibandingkan orang yang keluarganya tidak ada yang terkena anemia.

Setelah tadi membahas penyebab anemia, kini kita coba merinci apa saja gejala yang muncul saat anemia. Secara umum gejala ini kelihatan kasat mata, berikut rinciannya :

1. Kelopak mata kelihatan pucat. Seseorang bisa dikenali apakah dia itu mengidap anemia atau tidak bisa dilihat dari kelopak matanya, apabila kelopak matanya putih pucat berarti dia mengalami  anemia dan harus segera disembuhkan.

2. Pandanga mata sering berkunang kunang atau tiba tiba menjadi gelap kalau perubahan posisi dari duduk ke posisi berdiri.

3. Cepat merasa sangat lelah . Kita perhatikan apabila dalam kurun 1-2 bulan cepat merasa sangat lelah dan tidak bergairah dalam beraktivitas maka kemungkinan besar sudah terkena anemia berat.

4. Sering merasa mual pada pagi hari (morning sickness) padahal dalam keadaan tidak hamil

5.Sakit kepala atau juga migrain yang terjadi berulang ulang dalam rentang waktu yang tidak terlalu jauh boleh jadi indikasi terserang anemia. Kekurangan sel darah merah menyebabkan otak kekurangan oksigen dan akibatnya sakit kepala berkepanjangan.

6. Selain kelopak mata wajah juga terlihat pucat, tanpa ada aura keluar.

7. Rambut berguguran atau rontok; Saat anemia pasokan nutrisi ke bagian kulit kepala dan rambut berkurang akibatnya rambut rontok.

8. Menurunnya kekebalan tubuh sehingga mudah terserang penyakit, gampang cape dan kehilangan semangat kerja juga merupakan gejala terserang anemia berat.

Kalau sudah kondisi parah atau disebut juga anemia berat  tidak gampang untuk menyembuhkannya karena pembentukkan sel darah merah memerlukan waktu yang cukup tidak bisa sim salabim. Pada dasarnya untuk mencegah lebih parah lagi penderita anemia harus  mengubah pola hidup dan kebiasaan buruk menjadi pola hidup sehat.

Berikut ini langkah langkah untuk menyembuhkan anemia berat :
1. Makan makanan gizi seimbang  terutama yang mengandung zat makanan

  • Zat besi yang terdapat pada sayuran yang berhijau daun( kangkung, bayam,genjer ), buah-buahan, daging dan kacang kacangan.
  • Folat ; banyak ditemui pada buah pisang, jeruk, sereal, sayuran dan juga pasta
  • Vitamin C yang terdapat pada buah buahan seperti mangga jeruk, melon dan lain lain.
  • Vitamin B12 yang terdapat pada daging dan susu.
2. Usahakan tidak begadang karena kurang tidur dapat menghambat pembentukan sel darah merah. Tidurlah minimal 8 jam sehari. Selain tidur cukup harus lebih banyak waktu untuk aktivitas fisik dalam arti berolahraga yang proporsional karena saat olahragalah proses darah mengikat oksigen menjadi hemoglobin.

3. Pergi ke dokter untuk berobat yang tentunya pengobatannya secara medis akan dikasih obat dari proses kimia yang ada efek sampingnya.

4. Hindari minum teh karena dapat menghambat pembentukan sel darah merah.

Sahabat sehat, itulah pembahasan kita mengenai penyebab, gejala dan cara menyembuhkan anemia berat semoga bisa menambah wawasan kesehatan kita dan bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari bilamana ada anggota keluarga kita yang menderita anemia berat. Intinya karena sebagian besar kasus anemia berat disebabkan kekurangan zat besi maka jangan terburu buru ke dokter cukup makan makanan yang mengandung zat besi alami seperti kangkung dan bayam. Sampai jumpa di pembahasan kesehatan lain dan tentunya dengan tofik menarik lainnya.



Tag : ANEMIA
0 Komentar untuk "Penyebab Gejala Anemia Berat dan Cara Menyembuhkannya"

Back To Top